Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling. Jika Anda berniat untuk investasi tanah kavling, Sebelum Anda membelinya, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Terkadang kebanyakan dari Anda hanya murahnya saja yang diperhatikan, padahal ada hal-hal lain yang harus diperhatikan supaya investasi Anda akan membawa keuntungan.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling


Kira-kira ada 5 hal yang harus benar-benar Anda perhatikan ketika mau berinvestasi. Jika Anda bisa memenuhi 5 hal tersebut maka investasi Anda akan membawa keberutungan.

Sebaiknya Anda harus faham dulu apa itu tanah kavling. Tanah kavling itu merupakan tanah yang terdiri dari beberapa bidang tanah dalam satu kawasa yang kemudian sengaja sertifikatnya dipecah, dan dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha yang sah.

Adapun sertifikat itu bisa berasal dari sertifikat induk yang merupakan hasil dari penggabungan atau merupakan satu sertifikat induk biasa.

Sebenarnya ketika anda investasi tanah kavling dalam satu kawasan dengan bidang per-bidang tidak ada perbedaannya. Karena keduanya baik dalam hal Persyaratan maupun dalam hal ketentuan jual belinya mempunyai kesamaan.

Sebenarnya hal penting yang harus Anda lakukan adalah asal melibatkan penjual dan pembali yang legal dan tanahnya pun legal untuk diperjualbelikan.

Menggunakan mekanisme jual beli yang sesuai dengan ketentuan perundangan juga sangat penting. Dengan demikian transaksi jual beli tanah yang Anda lakukan akan dianggap sah.

Ketika Anda akan melakukan investasi tanah kavling, maka hal berikut ini yang harus diperhatikan. 

Baca juga artikel terkait mengenai Gading Serpong yang menjadi lahan investasi terbaik 2015.

Cek Sertifikat Tanah

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah Apakah sertifikat tanah tersebut masih berupa Hak Guna Bangunan ( HGB ) atau sudah menjadi Sertifikat Hak Milik ( SHM ). Adapun ketika masih berupa Hak Guna Bangunan ( HGB ), langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tanyakan pada pihak developer atau penjual tanah tersebut tentang masalah siapa nantinya yang akan menanggung biaya peningkatan hak menjadi Sertifikat Hak Milik ( SHM ).

Periksa batas tanah kavling

Akan jadi masalah jika ternyata batas tanah yang tertulis di sertifikat berbeda dengan yang dijelaskan penjual. Makanya Anda harus jeli dalam memeriksanya.

Akses jalan

Akses jalan sangatlah penting untuk Anda pertimbangkan. Karena semua itu akan menentukan harga tanah dikemudian hari. Akses jalan merupakan salah satu hal penting.

Ingatlah untuk selalu memantau Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah Kavling. Terus baca artikel-artikel Hoy-ml untuk mendapatkan info bisnis properti perumahan.
Share on Google Plus

About gold sploit

Portal bisnis properti perumahan yang menyajikan informasi lengkap dan akurat. Diulas secara atraktive dan terbaru.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment