Tips Menghindari Kerugian Saat Investasi Beli Tanah

Investasi beli tanah merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan banyak keuntungan. Semua investor akan sepakat mengatakan bahwa dengan membeli tanah ini akan bisa mendatangkan keuntungan yang berkali lipat. Hal ini bisa dilihat dengan jumlah penduduk yang terus bertambah akan tetapi luas tanah tidak mungkin bertambah.

Investasi Beli Tanah
Investasi Beli Tanah


Salah satu keuntungan utama jika menjalankan investasi tanah adalah harga tanah yang cenderung naik dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, permintaan tanah ini juga semakin naik. Pada investasi tanah ini juga sangat jarang terjadi penurunan harga ataupun investor yang merugi karena investasi beli tanah.

Investasi Beli Tanah Berpeluang Harga Naik

Tidak hanya harga yang bisa naik, keuntungan lain dari investasi dalam bentuk tanah adalah tidak perlu pusing memikirkan biaya pemeliharaan atau perawatan, karena dalam investasi tanah ini tidak mengenal yang namanya biaya perawatan. Hal ini tentunya sangat berbeda jika Anda menjalankan investasi lain semisal investasi rumah, yang mana rumah ini membutuhkan perawatan seperti pengecetan.

Selain tidak membutuhkan biaya perawatan, Anda juga bisa memperoleh keuntungan ganda dari investasi tanah ini. Dengan catatan, tanah yang Anda jadikan investasi ini berupa kebun atau sawah. Sehingga disamping memperoleh keuntungan dalam jangka panjang, Anda juga bisa menikmati keuntungan berupa hasil panen dari kebun dan sawah tersebut.

Salah satu contoh Perumahan di Gading Serpong Menjadi Lahan Investasi yang benar-benar memiliki nilai keuntungan y ang tinggi sehingga banyak investor datang berbondong-bondong untuk berinvestasi disana.

Sama seperti jenis investasi yang lain, dalam investasi beli tanah ini Anda juga bisa menikmati keuntungan dalam jangka waktu yang pendek semisal sebulan atau bahkan harian. Untuk menikmati keuntungan tanah dalam jangka waktu yang pendek ini setidaknya ada syarat yang harus dipenuhi yaitu letak tanah ini harus strategis.

Tanah Yang Strategis

Letak tanah yang bisa dikatakan strategis misalnya di komplek perumahan, pusat pemerintahan, pusat kota dan pusat bisnis. Dengan letak tanah yang strategis ini, bisa disewakan semisal menjadi tempat parkir bagi kendaraan.

Keuntungan Jangka Pendek

Selain keuntungan jangka pendek, investasi tanah ini juga memiliki keuntungan jangka panjang. Yang mana keuntungan jangka panjang dari investasi tanah ini adalah harga yang bisa berlipat ganda. Harga tanah ini bisa berlipat ganda dalam jangka waktu kurang lebih 3 sampai dengan 5 tahun. Maka dari itu, Anda tidak perlu buru buru menjual tanah ini.

Selain keuntungan yang manjanjikan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam investasi tanah agar tidak mengalami kerugian. Diantara beberapa hal yang harus diperhatikan jika menjalankan investasi tanah adalah memastikan legalitas tanah.

Legalitas Tanah Wajib

Legalitas tanah merupakan aspek yang sangat penting dalam investasi tanah. Pastikan tanah yang Anda jadikan investasi bebas dari sengketa dan tidak sedang dijaminkan dik koperasi atau bank. Setelah memastikan tanah tersebut bebas sengketa, kemudian periksa semua kelengkapan dokumen atau sertifikat tanah tersebut.

Pastikan pula isi dari sertifikat tersebut sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan seperti identitas pemilik, batas lokasi tanah dan gambar situasi. Bila perlu periksa juga bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan) tanah tersebut. Semua pemeriksaan ini mutlak dilakukan sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan masalah atau sengketa.

Setelah memeriksa legalitas tanah, kemudian yang perlu dilakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang harga tanah yang ada disekitar tanah yang Anda ingin jadikan investasi ini. Hal ini bertujuan membandingkan harga tanah yang Anda ingin beli dengan harga disekitarnya.

Jika tanah tersebut dirasa cocok dan bisa mendatangkan banyak keuntungan, maka lakukan negosiasi atau tawar menawar harga serendah mungkin. Namun, jika Anda tidak pandai dalam hal tawar menawar harga, maka gunakan jasa perantara tanah.

Itulah beberapa tips menghindari kerugian saat investasi beli tanah. Dengan memahami semua tips yang telah diulas diatas, semoga Anda semakin pandai dan juga handal dalam menjalankan investasi tanah ini.
Share on Google Plus

About Unknown

Portal bisnis properti perumahan yang menyajikan informasi lengkap dan akurat. Diulas secara atraktive dan terbaru.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment